Tembang Sinom kenangan kelas 4 SD

Sinungging purwaning gatra
Ukara asma sinandi
Guru wanita wus prapta
Iki nora den wigati
Yen to arso amiarsih
Anging poma wekas ingsun
Nora susah den wicara
Tak ilok lamun ginalih
Iki dasih nyo guru ing klas sekawan…

Lirik ini dari tembang Macapat basa Jawa, yang masih saya ingat. Mungkin satu-satunya yang masing lengkap liriknya. Kenangan dari seorang ibu guru kelas 4 di SD Negeri Sudagaran 1 Banyumas Jawa Tengah sekitar tahun 1987an, 30 tahun lalu.

Ditembangkan kembali sebagai suatu persembahan budaya, seorang anak Jawa yang sekarang sedang berada di negeri matahari terbit, sebagai ungkapan senandung penyejuk dan melembutkan jiwa nurani dengan melantunkan syair-syair yang penuh makna.

Kepada teman-teman satu kelas yang masih ingat tembang macapat ini, mari mengingat kebaikan bapak/ibu Guru kita, khususnya kepada ibu guru yang namanya tersandikan dalam langgam diatas. Kepada umumnya juga salam takzim dan penghormatan kepada bapak/ibu guru saya dari TK Aisyiyah Sudagaran Banyumas, SD Negeri Sudagaran 1 Banyumas, SMP Negeri 1 Banyumas, STM Telekomuninasi Sandhy Putra Purwokerto.

Doa dan munajat kepada Bapak/Ibu guru kami. Semoga Allah limpahkan barakah, hidayah dan kelapangan baik di dunia maupun di akhirat. Aamiin.

Berikut link macapat dalam satu teatrikal persembahan Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang Komisariat Ishikawa, 18 Desember 2017. Tembang macapat mulai dari detik 2:45.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s